6 Sineas Hollywood Bicara Terobosan Ilmu Pengetahuan di ‘Breakthrough

M. Iqbal Fazarullah Harahap – detikhot

Kamis, 05/11/2015 17:52 WIB
6 Sineas Hollywood Bicara Terobosan Ilmu Pengetahuan di Breakthrough
Jakarta

Ketika aktor sekaligus sutradara dan produser Ron Howard menciptakan ‘The Da Vinci Code’, penikmat film dunia larut dalam fakta mencengangkan di dalamnya. Begitu pula saat Peter Berg film ‘Battleship’ 2012 lalu yang seru.

Tapi, bagaimana ketika dua sineas Hollywood itu bicara soal ilmu pengetahuan? Ada angka, data, molekul, bintang percobaan, otak dan serangkaian penelitian serius lainnya.

Bagaimana jika bukan hanya Howard dan Berg saja yang melakukannya? Tapi, ada empat sineas kawakan lainnya yang turut menyumbangkan ide demi ilmu pengetahuan, mulai dari biologi sampai fisika juga kimia untuk kemajuan umat manusia.

Saluran televisi National Geographic menghadirkan serial revolusioner bertajuk ‘Breakthrough’ yang tayang setiap Sabtu pukul 21:00 WIB. Dalam program itulah hadir enam sineas Hollywood, Ron Howard, Peter Berg, Paul Giamatti, Akiva Goldsman, Angela Bassett dan Brett Ratner. Mereka menciptakan enam seri dokumenter mencengangkan tentang ilmu pengetahuan.

‎”Program ini kalau dibilang serial nggak juga. Program ini terdiri dari enam episode yang berdiri sendiri. Tiap episodenya menceritakan pengembangan teknologi yang berbeda-beda,” ungkap perwakilan dari FOX International Channels, Tizar Patria saat jumpa pers di Kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (5/11/2015).

“Cuma agar tidak terlalu berat, kami menyampaikan dengan kreatif. Makanya kami tidak menyebutnya dengan dokumenter, tapi factual entertainment,” sambung Tizar.

Enam episode itu akan mulai tayang pada Sabtu, 7 November besok dengan judul ‘Fighting Pandemics (Peter Berg)’ yang bercerita tentang inovasi penanggulangan wabah ebola. Episode ke-2 berjudul ‘More than Human (Paul Giamatti)’, tentang robot yang membantu pekerjaan umat manusia.

Episode ke-3 berjudul ‘Decoding The Brain (Brett Ratner)’ yang membedah apa isi otak manusia untuk menolong penyanyi epilepsi hingga alzheimer. Episode ke-4 ada ‘The Age of Aging (Ron Howard)’, sebuah pengungkapan bahwa adanya cara untuk merealisasikan mitos awet muda.

Episode ke-5 berjudul ‘Energy On the Edge (Akiva Goldsman) yang bicara soal sumber energi baru. Terakhir, episode berjudul ‘Water Apocalypse (Angela Basset) yang dengan fokus bicara soal California, Amerika Serikat diambang kehancuran karena persediaan air bersih.

“Saya selalu bermasalah ketika orang-orang mengaitkan science dengan hal yang rumit, nerd. No! orang-orang nonton ‘Interstellar’ dan menyukainya, padahal menurut saya ‘Interstellar’ itu berat banget. Ini hanya soal bagaimana menyampaikan science ke publik,” tutup CEO produsen tekhnologi dunia, GE, Handry Stariago.

Advertisements
Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s