Bahas Iptek dan Bangsa, Ilmuwan se-Indonesia Kumpul di Jakarta Oktober

Bahas Iptek dan Bangsa, Ilmuwan se-Indonesia Kumpul di Jakarta OktoberFoto: Farhan
Bogor – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bekerjasama dengan Kementerian Riset, Tekhnologi, dan Pendidikan Tinggi akan menggelar Kongres Ilmu Pengetahuan Nasional ke-XI (KIPNAS) 2015. Kegiatan akbar ini akan dilaksanakan pada 8 – 9 Oktober di Jakarta.

KIPNAS merupakan ajang pertemuan ilmiah lintas keilmuan dari para ilmuwan dan akademisi Indonesia yang diselenggarakan setiap 4 tahun sekali sejak tahun 1958. Selain sebagai wadah bagi para ilmuwan untuk terus memacu perkembangan ilmu pengetahuan di tanah air, juga mendorong kontribusi ilmu pengetahuan terhadap pemecahan masalah bangsa.

Lewat pertemuan diharapkan muncul rekomendasi bagi para pemangku kepentingan terkait. “Kita akan menyampaikan beberapa regulasi untuk mendukung penelitian dan regulasi untuk melindungi peneliti,” kata Ketua Tim Ilmiah KIPNAS XI, Prof. Dr. Lukman Hakim di Hotel Salak Heritage, Bogor, Jumat (18/9/2015).

Dalam KIPNAS, para peneliti akan menyampaikan pemikiran dan hasil penelitiannya dalam upaya menjawab secara mendasar tantangan dan permasalahan terkini yang dihadapi bangsa Indonesia. Dalam KIPNAS nanti, juga akan dibicarakan bagaimana kondisi indonesia di masa yang akan datang dan apa yang akan dihadapi Indonesia harus dijawab oleh peneliti.

“Kita ingin berikan pemetaan mengenai posisi dan peran ilmu sosial khususnya, dan kontribusinya untuk kesejahteraan masyarakat,” tambahnya. KIPNAS XI akan diakhiri dengan sebuah deklarasi tentang rekomendasi-rekomendasi yang diajukan peneliti kepada pemerintah.

Agenda ini rencananya akan dihadiri Presiden Jokowi serta pemegang kebijakan di pemerintahan. Wakil Kepala LIPI, Prof. Dr Ahmadi Abas, mengatakan, hingga saat ini perhatian pemerintah terhadap peneliti masih dianggap kurang. Kehadiran Presiden Jokowi juga sangat diharapkan dan menjadi penting agar lebih memicu semangat para peneliti untuk menuangkan keilmuannya.

Dalam waktu yang sama, juga akan digelar Indonesia Science Expo (ISE) 2015 yang akan berlangsung hingga tanggal 11 Oktiber 2015. ISE akan menampilkan hasil-hasil riset LIPI, kementerian lembaga negara, serta industri. Pameran ini, diperlukan guna menggugah pemahaman masyarakat akan pentingnya peran edukasi, riset dan tekhnologi serta inovasi untuk membangun bangsa.

“Akademisi, kalangan bisnis, serta pemerintah akan bertemu dab bersinergi dalam ISE nanti guna memperkenalkan, membangun kerjasama, dan menciptakan produk inivasi baru di berbagai bidang,” kata Sekretaris Utama LIPI Dr. Siti Nuramalianto Prijono

Advertisements
Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s