Banyak Sawah Kekeringan, Pemerintah Bikin Hujan Buatan

Muhammad Idris – detikfinance
Selasa, 25/08/2015 10:42 WIB
Banyak Sawah Kekeringan, Pemerintah Bikin Hujan Buatan
Jakarta -Jumlah sawah yang mengalami kekeringan makin meluas akibat musim kemarau dan El Nino, tak ingin menggangu produksi pangan terutama padi, Kementerian Pertanian (Kementan) membuat hujan buatan. Langkah ini dilakukan untuk mengisi waduk, embung, dan sumur di daerah sentra pertanian padi di Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Dalam pelaksanaan hujan buatan yang akan dimulai hari ini hingga 90 hari ke depan, Kementan bekerjasama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Tekhnologi (BPPT), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

“El Nino saat ini moderat menuju kuat dan diprediksi akan berlangsung hingga awal tahun 2016. Dan El Nino 2015 diperkirakan lebih kuat dibanding fenomena tahun 1997,” kata Kepala UPT Hujan Buatan BPPT Heru Widodo di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Selasa (25/8/2015).

Akibat El Nino, musim hujan di wilayah Selatan dan Timur Indonesia seperti NTT, Jawa, NTB, Lampung, Bali, dan Sulawesi Selatan mengalami kemunduran. Kondisi ini membuat wilayah-wilayah tersebut mengalami defisit air hingga 20 miliar meter kubik.

Hingga saat ini saja, dari 200.000 hektar sawah yang terpapar kekeringan, Kementan mencatat sudah 30.000 hektar sawah mengalami gagal panen atau puso atau meningkat 70% dari posisi pada pertengahan Agustus.

Heru mengungkapkan, tahap awal, pelaksanaan rekayasa hujan buatan akan dilakukan mulai hari ini yang diprioritaskan di Jawa Tengah dan Jawa Barat.

“Pelaksanaan hujan buatan pada bulan Agustus di Pulau Jawa bukan hal mudah karena potensi pertumbuhan awan sangat sedikit. Jika radar mendeteksi awan potensial, armada pesawat penyemai awan akan segera diterbangkan menuju lokasi target awan agar potensi hujan buatan bisa optimal,” terang Heru.

Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s