Elite PDIP Harap Presiden Dengar Suara Wantimpres Soal Nasib Menteri Rini

Elite PDIP Harap Presiden Dengar Suara Wantimpres Soal Nasib Menteri RiniFoto: Lamhot Aritonang
Jakarta – Anggota Wantimpres Sidarto Danusubroto bersuara soal menteri BUMN Rini Soemarno yang disebut membebani kinerja pemerintah. Politisi PDIP Masinton Pasaribu yang sejak awal minta Rini dicopot, berharap Presiden mendengar suara Wantimpres.

“Artinya dari anggota Wantimpres juga sudah keluarkan pertimbangan (penilaian kinerja menteri -red) kepada Presiden, jadi bukan hanya DPR,” ucap Masinton kepada detikcom, Kamis (12/11/2015).

Masinton mengingatkan soal alasannya mendesak mantan ketua tim transisi itu dicopot. Pertama karena kinerja yang tidak profesional dan kedua karena tidak adanya dukungan politik terhadap Rini sebagai menteri BUMN.

“Apapun menteri itu adalah jabatan politik. Dalam hal ini profesionalitas dan dukungan politik sudah tidak ada pada Rini,” ujar anggota komisi hukum DPR itu.

“Dan benar menjadi beban Presiden bukan memudahkan kerja Presiden. Contohnya ditolaknya PMN di DPR kemarin, itu kan membebani pemerintah,” tegasnya.

Masinton juga menyebut, desakan agar Rini dicopot disampaikan beberapa elit politsi Koalisi Merah Putih (KMP). Artinya bukan tanpa sebab, tapi pandangan itu menjadi bukti besarnya dorongan agar Rini diganti dengan orang baru.

“Jadi reshuffle itu menempatkan orang yang tepat pada posisi yang tepat. Nah, Rini ini sudah tidak tepat di BUMN, dia bukan orang yang tepat!” ucap politisi asal Jakarta itu.

Sebelumnya, Sidarto menyindir menteri Rini yang membebani kinerja Presiden. Mantan ajudan Bung Karno itu memang tak menyebut langsung nama Rini begitu juga soal pergantiannya, tapi ungkapannya jelas merujuk Rini.

“Misalnya ada wish dari KIH ada wish dari KMP, ada wish itu kan. Kalau dari beberapa fraksi apalagi mayoritas fraksi ada wish begitu kan berarti beban politik Pak Jokowi. Disampaikan kan dari KIH, KMP,  fraksi bolak-balik ngomong. Masinton dan lain-lain itulah. Dari KMP kan juga sudah sampaikan,” kata Sidarto Selasa (10/11).

Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s