Kata Dokter Ahli Tentang Obat Herbal untuk Kontrol Gula Darah

Muhamad Reza Sulaiman – detikHealth
Kamis, 12/11/2015 16:04 WIB
Kata Dokter Ahli Tentang Obat Herbal untuk Kontrol Gula DarahFoto: thinkstock
Jakarta, Obat herbal yang diklaim dapat mengontrol gula darah bagi pasien diabetes marak di pasaran. Bagaimana tanggapan dokter?

dr Em Yunir, SpPD-KEMD, Kepala Divisi Metabolik Endokrin, Departemen Ilmu Penyakit Dalam, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia – RS Cipto Mangunkusumo tak memungkiri kekayaan alam Indonesia yang sangat beragam. Bahkan tak sedikit penelitian ilmiah yang dilakukan untuk membuktikan khasiat tanaman herbal untuk pengobatan penyakit, termasuk diabetes melitus atau kencing manis.

Baca juga: Dokter: 30 Persen Pasien Diabetes Bisa Kontrol Gula Darah Tanpa Obat

Masalahnya, penggunaan obat-obat herbal tersebut seringkali tidak bijak. Dijelaskan dr Yunir bahwa boleh-boleh saja pasien diabetes mengonsumsi obat herbal, namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

“Karena kalau berobat ke herbal, alternatif itu kan seringnya dibilang nggak boleh dikonsumsi berbarengan dengan obat dokter. Nah di sini masalahnya. Kalau ternyata pasiennya sudah komplikasi, kan nggak bisa dengan herbal saja. Harus ada obat dokter,” tutur dr Yunir dalam temu media Sun Life Financial di Taman Sari Heritage Spa, Jl Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Kamis (12/11/2015).

Diterangkan dr Yunir, obat herbal boleh dikonsumsi pasien diabetes yang kategori penyakitnya masih tergolong ringan. Dalam artian, diabetes diketahui sejak dini dan pasien belum mengalami komplikasi ke organ lain seperti ginjal, liver atau paru-paru.

Namun konsumsi obat herbal tak bisa dijadikan satu-satunya cara untuk mengontrol gula darah. Pasien juga harus mau mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dengan cara berolahraga teratur dan menjaga pola makan.

“Sekitar 10 persen pasien diabetes itu berusia di bawah 30 tahun. Nah mereka ini yang silakan saja mengonsumsi herbal. Dengan catatan tadi, harus mau mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dengan olahraga teratur dan menjaga pola makan,” terangnya.

Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s