KPK Gandeng Pemuda Sayap Partai untuk Ciptakan Parpol Bebas Korupsi

KPK Gandeng Pemuda Sayap Partai untuk Ciptakan Parpol Bebas KorupsiFoto: Ikhwanul Habibi/detikcom
Jakarta – Partai politik selama ini identik dengan tindakan korupsi. Bahkan, beberapa tokoh hampir di semua partai pernah berurusan dengan kasus korupsi, salah satunya yang ditangani KPK.

Menyadari besarnya potensi korupsi yang dilakukan kader parpol, KPK tak tinggal diam. Lembaga anti korupsi itu sadar, harus ada perbaikan agar parpol tak lagi identik dengan tindakan korup.

Untuk itu, KPK menggandeng para pemuda yang tergabung dalam organisasi sayap partai untuk berkomitmen membentuk parpol yang berintegritas dan bebas korupsi. Hampir semua organisasi pemuda sayap parpol hadir dalam acara ini.

KPK gandeng pemuda sayap partai (Habibi/detikcom)

“Ini satu hal langkah awal yang sangat bagus menurut kami apalagi juga di KPK ini juga banyak anak-anak muda semangat muda. Orang-orang muda inilah yang akan lebih cepat memperbaiki bangsa dan negara,” kata Pimpinan KPK, Zulkarnain di kantornya, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (12/11/2015).

Adapun organisasi pemuda sayap partai yang hadir di KPK antara lain, Garda Pemuda NasDem, Gema Keadilan, Gerakan Pemuda Ka’bah, Gerakan Pemuda Kebangkitan Bangsa, Kader Muda Demokrat, Komunitas Banteng Muda, Liga Mahasiswa NasDem, Pemuda Hati Nurani Rakyat, dan Gerakan Muda Nurani Rakyat.

Menurut Zulkarnain, peran para kader muda di parpol sangat berguna untuk perbaikan stigma parpol. Kader muda harus bisa berperan agar tercipta parpol yang tak lagi identik dengan praktik korupsi.

“Dengan adanya workshop ini tentu ada terbangun kesamaan pemahaman di antara kita. Teman-teman yang menekuni yakni kader parpol dan yang menekuni birokrasi dalam pencegahan korupsi sehingga komitmen, sehigga pemahaman kita terhadap korupsi itu lebih dalam lebih seirama,” jelas Zul.

“Tentu kita harus berantas korupsi secara bersama-sama. Di bagian legislatif tentunya yang duduk di sana adalah orang-orang dari parpol, tentu parpol sebagai sumbernya harus kita bangun secara berintegritas. Tentunya ini harapan untuuk generasi muda parpol yang akkan membawa bangsa dan negara ini ke depan lebih baik adalah membangun sinergi antara semua lembaga khususnya tentu dengan KPK dalam hal berantas korupsi,” tegas Zul.
(kha/hri)

Advertisements
Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s