PLN Mau Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Gas Rumput Laut

Muhammad Idris – detikfinance
Kamis, 15/10/2015 13:19 WIB
PLN Mau Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Gas Rumput Laut
Jakarta -PT Pembangkit Jawa Bali (PJB) anak usaha PT PLN (Persero) berencana membangun pembangkit listrik menggunakan gas yang berasal dari rumput laut di Sumenep, Jawa Timur dan Minahasa, Sulawesi Utara.

Direktur Utama PT PJB Muldjo Adji mengatakan, saat ini proyek pembangkit dari gas rumput laut masih dalam tahap studi kelayakan. Sementara, untuk lokasi pembangkit direncanakan akan dibangun di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, dan Minahasa, Sulawesi Utara.

“Rencanan pembangunan nanti kalau studi sudah selesai. Kalau kapasitas terpasangnya bisa mencapai 300-600 megawatt (MW). Tapi kita di awal bangun dulu 10 MW sebagai trial (percobaan) di 2 tempat tersebut. Sudah ada kesepakatan kerjasama dengan 2 kabupaten itu,” ungkap Adji ditemui di Waduk dan PLTA Cirata, Purwakarta, Kamis (15/10/2015).

Untuk tekhnologi, anak perusahaan PT PLN (Persero) ini sudah menggandeng perusahaan asal Belanda untuk pembangunan pembangkit. Sementara untuk pengembangan rumput laut skala besar, akan memberdayakan nelayan setempat dengan rumput laut hasil penelitian Universitas Diponegoro, Semarang.

“Masih feasibility, jadi belum bisa tentukan kapan mulai bangun dan hitungan nilai investasinya. Kita akan pekerjakan masyarakat yang di pesisir sekaligus jadi nilai tambah rumput laut untuk pasokan biogas. Tapi kalau biaya per kWh sedikit di atas biaya dari batubara, saya lupa persisnya,” ujar Adji.

Ia menambahkan, untuk menghasilkan listrik, bukan rumput lautnya dibakar, melainkan gas yang dihasilkan rumput laut yang digunakan untuk memutar turbin dan menghasilakan pembangkit.

“Untuk teknologinya dari perusahaan asal Belanda, kita tinggal terima hasil gasnya, lalu kita gunakan untuk operasional pembangkit,” tutup Adji.

Advertisements
Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s