Simpel, Rutin Lompat 2 Menit Tiap Hari Bisa Bantu Jaga Kesehatan Tulang

Radian Nyi Sukmasari – detikHealth
Senin, 14/09/2015 07:35 WIB
Simpel, Rutin Lompat 2 Menit Tiap Hari Bisa Bantu Jaga Kesehatan TulangFoto: thinkstock
Jakarta, Orang lanjut usia (lansia) rentan mengalami patah tulang pinggul seiring dengan menipisnya tulang mereka. Nah, sebagai bentuk pencegahan, menguatkan tulang termasuk daerah pinggul bisa dilakukan dengan melompat selama dua menit saja.

Studi yang dilakukan peneliti di Loughborough University’s National Centre for Sport and Exercise Medicine (NCSEM) melakukan pengamatan terhadap 34 orang usia 65-80 tahun yang mengikuti program latihan melompat dengan satu kaki. Selama penelitian, mereka diminta tidak mengubah pola makan dan aktivitas fisiknya.

Setelah melakukan latihan selama satu tahun, peserta akan menjalani CT Scan guna melihat adanya perubahan pada kepadatan tulang, kontrol kaki, dan perbedaan visual yang terjadi setelah latihan melompat. Hasilnya, diketahui kepadatan tulang di bagian kulit luar (korteks) peserta meningkat 7 persen.

“Patahnya tulang pinggul menjadi masalah utama di antara orang lanjut usia yang bisa menimbulkan beban ekonomi dan sosial yang tinggi. Mereka yang mengalami hal ini bisa merasa sakit, kehilangan mobilitas dan kemandirian, serta meningkatnya risiko kematian,” tutur salah satu peneliti, dr Sarah Allison.

Ia menambahkan, banyak diketahui jika olahraga bisa menambah kekuatan tulang. Maka dari itu, studi ini ingin melihat apa bentuk latihan yang mudah dan cepat dan bisa dilakukan orang-orang, terutama lansia di rumah mereka.

“Kami menemukan bahwa melompat, baik dengan satu atau dua kaki bisa bermanfaat untuk kekuatan tulang. Namun, bagi mereka yang kondisi tulangnya sudah lemah sebelumnya, harap berhati-hati karena risiko cedera pasti akan lebih besar ketika melakukan latihan ini,” kata dr Allison memberi pesan, seperti dikutip dari Daily Mail pada Senin (14/9/2015).

Sementara, dr Winston Rennie yang melakukan pemeriksaan CT Scan mengatakan kondisi tulang menunjukkan adanya perubahan karena terdapat adaptasi di area yang bisa mengurangi risiko patah tulang pinggul, setelah latihan dilakukan.

Advertisements
Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s